IPPKAL WATUGAJAH 2021

Suwarto 05 April 2022 10:19:35 WIB

INFORMASI PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA TAHUN 2017

KEPADA MASYARAKAT

 

BAB I

 

PROGRAM KERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN KALURAHAN

  1. Rencana Program Kerja Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan Tahun Anggaran 2021.

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa

Gaji dan Tunjangan Lurah

 

2

Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa

Gaji dan Tunjangan Pamong Kalurahan

 

 

3

Penyediaan Jaminan Sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa

BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Lurah Dan Pamong Kalurahan

 

4

Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD dll)

Oprasional Pemerintah Kalurahan

 

5

Penyediaan Tunjangan BPD

Tunjangan BPKal

 

6

Penyediaan Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Pakaian Seragam, Listrik dll)

Oprasional BPKal

 

7

Penyediaan Insentif/Operasional RT/RW

Tersedianya Insentif  RT/RW

 

8

Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Gedung/Prasarana Kantor Desa **)

Rehab Balai Padukuhan

 

9

Rehabilitasi/pemeliharaan kendaraan dinas/operasional

Perawatan Kendaraan Dinas

 

10

Penyediaan jasa perbaikan/servis peralatan kerja

Servis Internet,Laptop,PC, Printer

 

11

Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa **)

 Penyusunan data Kalurahan SDGs, Oprasinal dan Honor Tim

 

12

Penyusunan monografi desa

Tersusunya  monografi

 

13

Pendataan keluarga/rumah tangga miskin

Oprasional TKPKDes dan Tim Relawan Penanganan Covid-19

 

14

Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Desa/Pembahasan APBDes (Reguler)

Muskal dan Musrenbangkal

 

15

Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDesa/RKPDesa dll)

Tersusunya Perkal RKPDes

 

16

Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes, APBDes Perubahan, LPJ dll)

Tersusunnya Perkal  APBKal 2022 dan Perubahan APBKal 2021,LPJ dll

 

17

Pengelolaan administrasi/penilaian aset desa

Inventarisasi Aset Desa

 

18

Penyusunan Laporan Kepala Desa, LPPDesa dan Informasi Kepada Masyarakat

Tersusunya Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Kalurahan

 

19

Pengembangan Sistem Informasi Desa

Pengelolaan Website Desa

 

20

Adminstrasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Terbayarnya PBB Tanah Kas Desa

 

 

 

  1. Pelaksanaan Program Kerja Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan Tahun Anggaran 2021.

 

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa

Gaji dan Tunjangan Lurah

Terlaksana

2

Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa

Gaji dan Tunjangan Pamong Kalurahan

 

Terlaksana

3

Penyediaan Jaminan Sosial bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa

BPJS Kesehatan Lurah Dan Pamong Kalurahan

 

Terlaksana

4

Penyediaan Operasional Pemerintah Desa (ATK, Honor PKPKD dan PPKD dll)

Oprasional Pemerintah Kalurahan

Terlaksana

5

Penyediaan Tunjangan BPD

Tunjangan BPKal

Terlaksana

6

Penyediaan Operasional BPD (rapat, ATK, Makan Minum, Pakaian Seragam, Listrik dll)

Oprasional BPKal

Terlaksana

7

Penyediaan Insentif/Operasional RT/RW

Tersedianya Insentif  RT/RW

Terlaksana

8

Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Gedung/Prasarana Kantor Desa **)

Rehab Balai Padukuhan

Terlaksana

9

Rehabilitasi/pemeliharaan kendaraan dinas/operasional

Perawatan Kendaraan Dinas

Terlaksana

10

Penyediaan jasa perbaikan/servis peralatan kerja

Servis Internet,Laptop,PC, Printer

Terlaksana

11

Penyusunan, Pendataan, dan Pemutakhiran Profil Desa **)

Penyusunan data Kalurahan SDGs, Oprasinal dan Honor Tim

Terlaksana

12

Penyusunan monografi desa

Oprasional dan Honor Tim

Silpa

13

Pendataan keluarga/rumah tangga miskin

Oprasional TKPKDes dan Tim Relawan Penanganan Covid-19

Terlaksana

14

Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Desa/Pembahasan APBDes (Reguler)

Muskal dan Musrenbangkal

Terlaksana

15

Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa (RPJMDesa/RKPDesa dll)

Tersusunnya Perkal RKPDes

Terlaksana

16

Penyusunan Dokumen Keuangan Desa (APBDes, APBDes Perubahan, LPJ dll)

PTersusunnya PerkalAPBKal 2022 dan Perubahan APBKal2021,LPJ dll

Terlaksana

17

Pengelolaan administrasi/penilaian aset desa

Inventarisasi Aset Desa

Terlaksana

18

Penyusunan Laporan Kepala Desa, LPPDesa dan Informasi Kepada Masyarakat

Tersusunya Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Kalurahan

Terlaksana

19

Pengembangan Sistem Informasi Desa

Pengelolaan Website Desa

Terlaksana

20

Adminstrasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Terbayarnya PBB Tanah Kas Desa

Terlaksana

 

BAB II

PROGRAM KERJA DAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN KALURAHAN

  1. Rencana Program Kerja Bidang Pelaksanaan Pembangunanan Kalurahan Tahun Anggaran 2021.

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Penyelenggaran PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah NonFormal Milik Desa (Honor, Pakaian dll)

Belanja Honorarium dan Kegiatan Penyelenggaraan PAUD

 

 

2

Dukungan penyelenggara paud (APE,Sarana PAUD dst )

Pengadaan laptop

 

3

Pengelolaan Perpustakaan Milik Desa (Pengadaan Buku, Honor, Taman Baca)

Oprasional Perpustakaan

 

4

Penyelenggaraan Posyandu (Mkn Tambahan, Kls Bumil, Lamsia, Insentif)

Oprasional Posyandu

 

5

Penyuluhan dan pelatihan bidang kesehatan (untuk masy,tenaga dan kader kesehatan dll)

Pelatihan Kader Kesehatan

 

6

Penyelenggara desa siaga kesehatan

Oprasional Desa Siaga

 

7

Pembangunan/rehabilitasi pengadaan sarana prasarana posyandu

Pengadaan Prasarana Posyandu

 

8

Pembinaan gerakan masyarakat hidup sehat (germas)

Oprasional

 

9

Pemberian makanan tambahan untuk balita/siswa  PAUD

PMT Balita dan Balita Kurus

 

 

10

Insentif kader kesehatan/KB

Insentif Kader

 

11

Pembangunan rehabilitasi /preningkatan pengerasan jalan lingkungan pemukiman

Pembangunan Cor Blok

 

12

Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Prasarana Jalan Desa (Gorong, selokan dll)

Pembangunan Talud

 

13

Pembangunan /Rehabilitasi /peningkatan sumber air bersih milik desa

Pembangunan Sumur Bor

 

14

Pemberian stimulan jamban sehat

Bantuan Material

 

15

Penyelenggaraan Informasi Publik Desa (Poster, Baliho Dll)

Baner Transparansi APBDesa

 

16

Pengadaan Sarana Prasarana  Penerangan Jalan Desa

Penerangan Jalan Lingkungan

 

 

  1. Pelaksanaan Program Kerja Bidang Pelaksanaan Pembangunan Kalurahan Tahun Anggaran 2021.

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Penyelenggaran PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah NonFormal Milik Desa (Honor, Pakaian dll)

Belanja Honorarium dan Kegiatan Penyelenggaraan PAUD

 

Terlaksana

 

2

Dukungan penyelenggara paud (APE,Sarana PAUD dst )

Oprasional PAUD

Terlaksana

 

3

Pengelolaan Perpustakaan Milik Desa (Pengadaan Buku, Honor, Taman Baca)

Oprasional Perpustakaan

Silpa

4

Penyelenggaraan Posyandu (Mkn Tambahan, Kls Bumil, Lamsia, Insentif)

Oprasional Posyandu

Terlaksana

 

5

Penyuluhan dan pelatihan bidang kesehatan (untuk masy,tenaga dan kader kesehatan dll)

Pelatihan Kader Kesehatan

Terlaksana

 

6

Penyelenggara desa siaga kesehatan

Oprasional Desa Siaga

Terlaksana

 

7

Pembangunan/rehabilitasi pengadaan sarana prasarana posyandu

Pengadaan Prasarana Posyandu

Terlaksana

8

Pembinaan gerakan masyarakat hidup sehat (germas)

Oprasional

Silpa

9

Pemberian makanan tambahan untuk balita/siswa  PAUD

PMT Balita dan Balita Kurus

Terlaksana

10

Insentif kader kesehatan/KB

Insentif Kader

Terlaksana

11

Pembangunan rehabilitasi /preningkatan pengerasan jalan lingkungan pemukiman

Pembangunan Cor Blok

Terlaksana

12

Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Prasarana Jalan Desa (Gorong, selokan dll)

Pembangunan Talud

Terlaksana

13

Pembangunan /Rehabilitasi /peningkatan sumber air bersih milik desa

Pembangunan Sumur Bor

Terlaksana

14

Pemberian stimulan jamban sehat

Bantuan Material

Terlaksana

15

Penyelenggaraan Informasi Publik Desa (Poster, Baliho Dll)

Baner Transparansi APBDesa

Terlaksana

16

Pengadaan Sarana Prasarana  Penerangan Jalan Desa

Penerangan Jalan Lingkungan

Terlaksana

 

 

 

BAB III

PROGRAM KERJA PEMBINAAN KEMASYARAKATAN

  1. Rencana Program Kerja Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Kalurahan Tahun Anggaran 2021.

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Penguatan & Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan/Ketertiban oleh Pemdes

Insentif dan oprasional Linmas

 

2

Persiapan Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Skala Lokal Desa

Oprasional Tim PB Desa

 

3

Pembinaan Jaga Warga

Penanganan covid-19

 

4

Pengembangan kehidupan sosial keagamaan

Honor Petugas P3N Desa

 

5

Operasional Karang Taruna

Oprasional

 

6

Pembinaan kader pemberdayaan masyarakat

Pelatihan dan Oprasional

 

7

Optimalisasi Peran Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Desa ( TKPK Desa)

Honor Petugas

 

8

Operasional LPMD 

Oprasional

 

9

Operasional PKK

Operasional

 

 

  1. Pelaksanaan Program Kerja Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Kalurahan Tahun Anggaran 2021.

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Penguatan & Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan/Ketertiban oleh Pemdes

Konsumsi Rakor dan Insentif

Terlaksana

2

Persiapan Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Skala Lokal Desa

Oprasional Tim PB Desa

Terlaksana

3

Pembinaan Jaga Warga

Penanganan covid-19

BKK Dais

4

Pengembangan kehidupan sosial keagamaan

Honor Petugas P3N Desa

Terlaksana

5

Operasional Karang Taruna

Oprasional

Terlaksana

6

Pembinaan kader pemberdayaan masyarakat

Pelatihan dan Oprasional

Terlaksana

7

Optimalisasi Peran Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Desa ( TKPK Desa)

Honor Petugas

Terlaksana

8

Operasional LPMD 

Oprasional

Terlaksana

9

Operasional PKK

Operasional

Terlaksana

 

 

 

BAB IV

 

PROGRAM KERJA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

 

  1. Rencana Program Kerja Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Tahun Anggaran 2021.

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Pembinaan/pemberdayaan Kelompok Tani

Pelatihan Gapoktan

 

2

Peningkatan Kapatitas Perangkat Desa

Pelatihan Peningkatan Kapatitas Perangkat Desa

 

3

Peningkatan Kapasitas BPD

Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD

 

4

Pelatihan dan Pemberdayaan Perempuan

Pelatihan Kader/Tokoh Perempuan

 

5

Pelatihan dan penguatan penyandang Difabel (penyandang Disabilitas)

Oprasional Difabel

 

6

Pelatihan Pengelolaan BUM Desa (Pelatihan yg dilaksanakan oleh Pemdes)

Pelatihan Pengurus BUMDES

 

 

  1. Pelaksanaan Program Kerja Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Tahun Anggaran 2021.

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Pembinaan/pemberdayaan Kelompok Tani

Pelatihan Gapoktan

Terlaksana

2

Peningkatan Kapatitas Perangkat Desa

Pelatihan Peningkatan Kapatitas Perangkat Desa

Silpa

3

Peningkatan Kapasitas BPD

Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD

Silpa

4

Pelatihan dan Pemberdayaan Perempuan

Pelatihan Kader/Tokoh Perempuan

Terlaksana dan silpa

5

Pelatihan dan penguatan penyandang Difabel (penyandang Disabilitas)

Oprasional Difabel

Terlaksana dan silpa

6

Pelatihan Pengelolaan BUM Desa (Pelatihan yg dilaksanakan oleh Pemdes)

Pelatihan Pengurus BUMDES

Terlaksana

 

 

  1. Pelaksanaan Program Kerja Bidang Tidak Terduga

NO

NAMA KEGIATAN

KELUARAN

KET.

1

Kegiatan Penanggulangan Bencana alam

Penanganan covid-19

Terlaksana

2

Penanganan Keadaan Mendesak

BLT Dana Desa

Terlaksana

 

 

BAB V

 

PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA KALURAHAN

  1. Rincian APBKal Tahun Anggaran 2021

Berdasarkan Peraturan Kalurahan Watugajah Nomor 4 Tahun 2021, secara umum APBKalurahan Tahun Anggaran 2020 adalah sebagai berikut :

 

  1. Pendapatan Kalurahan : Rp. 1.809.814.791,00
  2. Belanja Kalurahan :
  3. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa : Rp.    554.686,00
  4. Bidang Pembangunan : Rp.    341.500,00
  5. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan             : Rp.      624.700,00
  6. Bidang Pemberdayaan Masyarakat             : Rp.      577.748,00
  7. Bidang Tak Terduga             :      671.634.140,00
  8. Jumlah Belanja : Rp.  871.732.774,00
  9. Surplus/Defisit. : (Rp.     917.983,00 )

 

  1. Pembiayaan Kalurahan :
  2. Penerimaan Pembiayaan : Rp.       917.983,00
  3. Pengeluaran Pembiayaan :        35.000.000,00
  4. Selisih Pembiayaan             : Rp.       917.983,00

Rincian APBKalurahan Tahun Anggaran 2021 sebagaimana tercantum dalam Lampiran I.

 

  1. Rincian Realisasi APBkalurahan Tahun Anggaran 2021

Berdasarkan Peraturan Kalurahan Watugajah Nomor 1 Tahun 2022, tentang Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBKal Tahun Anggaran 2021, secara umum realisasi APBKal Tahun Anggaran 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Pendapatan Kalurahan : Rp. 1.809.104.190,00
  2. Belanja Desa :
  1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa : Rp.    425.986,00
  2. Bidang Pembangunan : Rp.    673.000,00
  3. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan             : Rp.      372.500,00
  4. Bidang Pemberdayaan Masyarakat             : Rp.      850.000,00
  5. Bidang Tak Terduga             :     606.580.250,00
  6. Jumlah Belanja : Rp. 1.753.901.736,00
  7. Surplus/Defisit. : Rp.      202.454,00
    1. Pembiayaan Desa :
  8. Penerimaan Pembiayaan : Rp.     917.983,00
  9. Pengeluaran Pembiayaan                         :                      0,00
  10. Selisih Pembiayaan             : Rp.     917.983,00
  11. Silpa Taun Berjalan             : Rp    120.437,00

 

 

BAB VI

PENUTUP

PENUTUP

  1. KESIMPULAN
  1. Program Kerja tahun 2021 sebagian besar telah dapat dilaksanakan.
  2. Program Kerja yang belum terselesaikan diprioritaskan dalam tahun berikutnya (2022)
  3. Program kerja yang diusulkan dengan dana  dari Pemerintahan Kabupaten menyesuaikan dengan kemampuan Daerah.
  4. Secara keseluruhan keamanan dan ketertiban dapat terkendali .
  5. Sumber Pendapatan telah dilaksanakan secara cermat, tertib,terarah dan dapat dipertanggungjawakan.
  6. Pelayalanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

 

  1. SARAN – SARAN

Untuk selalu menciptakan hubungan kerja yang harmonis BPKal selaku mintra kerja pemerintah Kalurahan agar sering mengadakan Rapat Kordinasi dengan Pemerintah Kalurahan.

Pemerintah kalurahan mohon saran agar Kabupaten / Dinas terkait untuk meningkatkan kapasitas Aparat Kalurahan, terkait administrasi perencanaan dan evaluasi akhir pelaksanaan pengelola keuangan. Demikian Informasi  Penyelenggaraan Peerintah Kalurahan ( IPPKal ) ini dibuat sesui dengan presedur perundang – undangan yang berlaku, dan apabila dalam pembuatannya masih banyak terdapat kesalahan / kekeliruan kami mohon maaf dan mohon petunjuk.

Demikian Laporan ini dibuat sesui dengan presedur perundang – undangan yang berlaku, dan apabila dalam pembuatan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan ini terdapat kesalahan / kekeliruan kami mohon maaf dan mohon petunjuk.

Watugajah, 14 Maret 2022

LURAH WATUGAJAH

 

 

HARIYANTO

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar